Thursday 2 April 2015

MANFAAT KEPITING BAGI KESEHATAN


"Kepiting" dengar kata itu pasti anda langsung berpikiran dengan hidangan sea food yang enak. Apalagi dimasak lada hitam, asam manis..hmmm nyuummy..


Masakan dengan olahan bahan baku kepiting memang tidak ada matinya, banyak aneka ragam olahan yang tentunya dari bahan baku binatang yang memiliki gunting di dua kakinya ini. Dan kami memanfaatkan olahan bahan baku ini menjadi Peyek Kepiting, pasti pada heran kepiting kok jadi peyek gimana itu? . Makanya nyobain donk olahan yang satu ini, pasti kami jamin kurang kalau cuma makan sekali. Tentunya karena keenakannya ,gurihnya, rasanya dan tentunya harganya yang pas dikantong yang membuat orang-orang pada ketagihan. Mantap kan ,,,


Jaman semakin maju, dimana banyak orang yang mengerti akan masalah kesehatandan hal ini berimbas dengan memilih-milih makanan. Dan disini kami akan memberikan informasi tentang manfaat kepiting untuk kesehatan. Sehingga anda akan mengerti bahwa olahan Peyek Kepiting kami merumakan camilan enak dan bermutu.



Pertama-tama kita kenali dulu binatang ini, seperti pepatah "Tak Makan maka tak kenyang" Eh salah,maksudnya "Tak kenal maka tak saya makan" haha,,soalnya maslah makan ini. Okey lanjut, kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordo) Brachyura, yang dikenal mempunyai "ekor" yang sangat pendek (bahasa Yunani: brachy = pendek, ura = ekor), atau yang perutnya (abdomen) sama sekali tersembunyi di bawah dada (thorax). Tubuh kepiting dilindungi oleh kerangka luar yang sangat keras, tersusun

dari kitin, dan dipersenjatai dengan sepasang capit. Ketam adalah nama lain bagi kepiting.




Kepiting terdapat di semua samudra dunia. Ada pula kepiting air tawar dan darat, khususnya di wilayah-wilayah tropis. Rajungan adalah kepiting yang hidup di perairan laut dan jarang naik ke pantai, sedangkan yuyu adalah ketam penghuni perairan tawar (sungai dan danau).

Kepiting beraneka ragam ukurannya, dari ketam kacang, yang lebarnya hanya beberapa milimeter, hingga kepiting laba-laba Jepang, dengan rentangan kaki hingga 4 m


Kita tentu pernah makan kepiting. Jenis kepiting yang sering ditemukan dipasar adalah kepiting rajungan dan jenis kepiting bakau. Tetapi apakah anda tahu kandungan gizi yang terdapat dalam daging kepiting? Berikut ulasannya.


* Kandungan protein yang tinggi berfungsi vital bagi tubuh sebagai pembentuk enzim, pembentukan sel organ dan otot, pembentuk hormon, perbaikan sel yang rusak, pengatur metabolisme, dan pembentuk sistem kekebalan tubuh.



* Kandungan vitamin B12 sangat baik untuk menghasilkan energi dan pertumbuhan, meningkatkan metabolisme asam amino dan asam lemak, produksi sel darah merah, serta meningkatkan kesehatan syaraf dan kulit.


* Asam lemak omega-3 dalam kepiting berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga mencegah penyakit kardiovaskular (jantung), meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi sistem syaraf dan kesehatan mata, dan meningkatkan kecerdasan otak bila diberikan sejak dini.



* Mineral selenium berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel dari radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung. Selenium diyakini berperan dalam mencegah kanker dan pengrusakan kromosom, juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri serta mencegah peradangan.



* Mineral copper berfungsi sebagai komponen enzim redox, pembentukan selda rah merah, otot, syaraf, tulang dan otak, serta mencegah penyakit tulang dan syaraf.



* Mineral zinc berfungsi untuk komponen pembentuk enzim-enzim tubuh, sel darah merah, sistem kekebalan tubuh, mencegah pembesaran prostat, mencegah kerontokan rambut.



* Kerang sangat cocok untuk menu diet yang tinggi protein karena mengandung lemak jenuh yang sangat rendah hanya 0,2 gram/ 100gram. 



****Tips Sehat Konsumsi Kepiting 


* Meski mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan, kepiting juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi yaitu 76 mg/ 100gr. Konsumsi kolesterol per hari yang dianjurkan maksimal sekitar 300 mg. Sajian kepiting berukuran sedang setiap hari sudah cukup untuk mendapatkan semua manfaatnya.



* Kepiting mengandung basa purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Pengidap penyakit asam urat atau gout lebih baik menghindari atau sangat membatasi konsumsi kepiting.



* Untuk kepiting cangkang lunak/soka, kulitnya tidak perlu disisihkan, nilai nutrisinya juga tinggi, terutama kandungan chitosan dan karotenoid yang biasanya banyak terdapat pada cangkang


Tertarik mau jadi Reseller silahkan baca di Syarat Dan Ketentuan Reseller








Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Kepiting 

http://apotik-hidupku.blogspot.com/2011/11/manfaat-kepiting-untuk-kesehatan.html

1 comment: